Blog

Pelabuhan Ujung, Surabaya, Jawa Timur

Pelabuhan Ujung, Surabaya, Jawa Timur

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Derek jangkung (crane) dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang. Peraturan Pemerintah RI No.69 Tahun 2001 mengatur tentang pelabuhan dan fungsi serta penyelengaraannya.

Pelabuhan
Pelabuhan

Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal meliputi:

  • dermaga, tempat di mana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang atau kirim mobil
  • crane, untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang.
  • gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal atau yang akan di pindah ke kapal.

Pelabuhan juga merupakan suatu pintu gerbang untuk masuk ke suatu daerah tertentu dan sebagai prasarana penghubung antar daerah, antar pulau, bahkan antar negara. (Triatmodjo, 2009)

Jenis Pelabuhan

Jenis Pelabuhan
  • Pelabuhan terbuka, kapal dapat merapat langsung tanpa bantuan pintu air, umumnya berupa pelabuhan yang bersifat tradisional.
  • Pelabuhan tertutup, kapal masuk harus melalui pintu air seperti dapat kita temui di Liverpool, Inggris
Pengelolaan
  • Pelabuhan Umum, diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat yang cara membuat teknis dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP).
  • Pelabuhan Khusus,dikelola untuk kepentingan sendiri guna menunjang kegiatan tertentu, baik instansi pemerintah, seperti TNI AL dan Pemda Dati I/Dati II, maupun badan usaha swasta seperti, pelabuhan khusus PT BOGASARI yang digunakan untuk bongkar muat tepung terigu.
Jangkauan pelayaran
  • Pelabuhan Internasional , utama primer yang melayani nasional dan internasional dalan jumlah besar. dan merupakan simpul dalam jaringan laut internasional.
  • Pelabuhan International, utama sekunder yang melayani nasional maupun internasional dalam jumlah besar yang juga menjadi simpul jaringan transportasi laut internasional.
  • Pelabuhan Nasional, utama tersier yang melayani nasional dan internasional dalam jumlah menengah.
  • Pelabuhan Regional,pelabuhan pengumpan primer ke pelabuhan utama yang melayani secara nasional.
  • Pelabuhan Lokal, pelabuhan pengumpan sekunder yang melayani lokal dalam jumlah kecil.
Perdagangan luar negeri
  • Pelabuhan Ekspor
  • Pelabuhan Impor
Kapal
  • Pelabuhan Laut, Pelabuhan yang boleh dikunjungi kapal negara-negara sahabat.
  • Pelabuhan Pantai, pelabuhan yang hanya boleh dikunjungi kapal nasional.
Pengawasan bea cukai
  • Custom port, adalah wilayah dalam pengawasan bea cukai.
  • Free port. adalah wilayah pelabuhan yang bebas di luar pengawasan bea cukai.

Area pelayaran

  • Pelabuhan Samudra, contoh: Pelabuhan Tanjung Priok.
  • Pelabuhan Nusantara, contoh: Pelabuhan Banjarmasin.
  • Pelabuhan Pelayaran Rakyat, contoh: Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.
  • Pelabuhan Pelayaran Indonesia, contoh: Pelabuhan Maritim, Jakarta.

Peranan

  • Transito, pelabuhan yang mengerjakan kegiatan transhipment cargo, seperti Pelabuhan Tanjung Pelepas di Johor, Malaysia.
  • Ferry, pelabuhan yang mengerjakan kegiatan penyebrangan, seperti Pelabuhan Merak.

Kata pelabuhan laut digunakan untuk pelabuhan yang menangani kapal-kapal laut. Pelabuhan perikanan adalah pelabuhan yang digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal penangkap ikan serta menjadi tempat distribusi maupun pasar ikan.

Klasifikasi pelabuhan perikanan ada 3, yaitu: Pelabuhan Perikanan Pantai, Pelabuhan Perikanan Nusantara, dan Pelabuhan Perikanan Samudera.

Di bawah ini hal-hal yang penting agar pelabuhan dapat berfungsi:

  • Adanya kanal-kanal laut yang cukup dalam (minimum 12 meter)
  • Perlindungan dari angin, ombak, dan petir
  • Akses ke transportasi penghubung seperti kereta api dan truk.

Sejarah Pelabuhan di Indonesia

Jika berbicara mengenai sejarah, tentu tidak terlepas dari sudut pandang masing-masing sejarawan. Demikian juga dengan sejarah tentang pelabuhan. Sejarah ini bisa merujuk pada sejarah pelabuhan secara umum, maupun sejarah masing-masing pelabuhan yang ada di Indonesia.

Hal ini mengingat di Indonesia saja terdapat puluhan atau bahkan ratusan pelabuhan yang tersebar di seluruh pulau. Namun demikian, secara umum, pelabuhan di Indonesia merupakan warisan pelabuhan yang sejak dahulu dikelola oleh pemerintah Belanda.

Pada tahun 1945 lalu, berdiri PT. Pelabuhan Indonesia yang masih dikelola Departemen Van Scheepvaart. Baru pada 1960, perusahaan ini dikelola oleh Jawatan Pelabuhan Indonesia.

Fungsi Pelabuhan
Fungsi Pelabuhan

Setelah mengetahui apa arti dari pelabuhan, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih rinci tentang fungsi pelabuhan. Pelabuhan memiliki beberapa fungsi yang dapat dibedakan sesuai istilahnya. Inilah beberapa fungsi tersebut.

  • Gateway

Maksud dari gateway adalah, pelabuhan berfungsi sebagai pintu gerbang untuk bisa memasuki suatu negara. Kapal yang berlabuh pasti bertujuan mengantarkan isi barang atau muatan lain kepada kota lain atau bahkan negara lain. Disini, pelabuhan berperan sebagai perantara awal proses tersebut.

  • Interface

Dalam fungsi pelabuhan sebagai interface ini berarti bahwa pelabuhan menjadi penghubung antara darat dengan lautan. Misalnya seperti saat barang dari kapal akan didistribusikan melalui daratan. Nah, pelabuhan menjadi penghubung terjadinya mobilisasi tersebut.

  • Link

Link berarti pelabuhan berfungsi sebagai mata rantai proses sampainya barang ke tangan konsumen. Melalui pelabuhan, barang dari produsen yang diantar melalui kapal, akan disalurkan kepada konsumen. Pelabuhan ini menjadi jalur mempermudah distribusi ke tangan konsumen.

  • Industry entity

Ini berarti pelabuhan berfungsi sebagai kawasan industri. Hal ini disebabkan karena pelabuhan lalu lintasnya semakin ramai. Alhasil, lingkungan disekitarnya akan menjadi kawasan industri dengan fasilitas yang memadai

Manfaat Pelabuhan

Manfaat Pelabuhan
Manfaat Pelabuhan

Selain fungsi yang dibedakan menjadi empat istilah di atas, pelabuhan juga memiliki manfaat. Berikut ini beberapa manfaat pelabuhan tersebut.

  • Melayani Kebutuhan Ekspor Impor

Setiap negara yang melakukan ekspor dan impor pasti akan berkaitan dengan kebijakan pemasaran barang internasional. Satu-satunya jalur paling mudah disini adalah jalur laut. Dalam hal ini, pelabuhan sangat berperan dalam melayani kebutuhan ekspor maupun impor barang tersebut.

  • Membantu Kelancaran Roda Perekonomian Antar Pulau

Seperti pepatah yang mengatakan laut bukan pembatas, melainkan penghubung. Di sinilah fungsi laut sebagai pemersatu antarpulau melalui kapal. Sementara itu, pelabuhan merupakan salah satu alatnya. Di Indonesia sendiri, jenis pelabuhan yang seperti ini sangatlah banyak

  • Menampung Pangsa Pasar Internasional Yang Semakin Besar

Maraknya perdagangan internasional mendorong semakin berkembangnya produk di pasar. Hal ini menjadikan pelabuhan sebagai tempat yang menampung barang masuk dan keluar maupun barang  yang transit.

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah

Bagi daerah sekitar pelabuhan yang perekonomiannya kurang maju, tempat ini bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki perekonomian. Dalam hal ini, pelabuhan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Jenis-Jenis Pelabuhan

Jenis-Jenis Pelabuhan
Jenis-Jenis Pelabuhan

Pelabuhan dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Pembagian ini bisa ditinjau dari segi penggunaanya, badan penyelenggaranya, dan fungsinya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penggunanya

Ada dua jenis pelabuhan berdasarkan penggunanya, keduanya adalah pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri dan tidak.

Pelabuhan yang membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang memberikan akses kapal-kapal asing untuk singgah. Kapal asing ini memang hanya diizinkan masuk ke dalam pelabuhan tertentu yang mendukung adanya perdagangan internasional.

Sebaliknya, pelabuhan yang tidak membuka perdagangan luar negeri adalah jenis pelabuhan yang hanya dibangun untuk kepentingan lalu lintas dalam negeri saja. Pelabuhan ini cenderung melayani transaksi antar pulau dalam satu negara.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Penyelenggaranya
  • Pelabuhan Umum

Pelabuhan umum yaitu pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan usaha pelabuhan maupun pemerintah. Pelabuhan seperti ini sifatnya lebih resmi karena diawasi langsung oleh pihak pemerintah atau badan usaha terkait.

Pelabuhan umum pun dibedakan menjadi dua, yaitu pelabuhan umum yang dijadikan usaha dan pelabuhan umum yang tidak dijadikan usaha. Pelabuhan tersebut bisa diartikan sesuai definisinya masing-masing

Pelabuhan yang dijadikan usaha tentu dibangun dengan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Pelabuhan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung.

Contoh jenis pelabuhan tersebut adalah pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan pelabuhan Tanjung Perak  di Surabaya.

Sedangkan pelabuhan yang tidak diusahakan merupakan pelabuhan yang hanya digunakan untuk tempat singgah kapal saja. Dengan begitu, pelabuhan ini tidak dilengkapi fasilitas pendukung. Diantaranya contohnya adalah Pelabuhan Sepekan.

  • Pelabuhan Khusus

Pelabuhan khusus merupakan pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan hukum tertentu.

Pelabuhan ini difungsikan untuk hal-hal khusus, seperti kepentingan tertentu pada suatu perusahaan. Tujuannya adalah untuk menjamin kelancaran kegiatan tertentu dari badan yang mengelolanya.

  1. Jenis Pelabuhan Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya
  • Pelabuhan Barang

Ini pelabuhan yang khusus digunakan untuk mengangkut dan menurunkan barang. seperti kirim mobil Setelah diturunkan dari kapal, barang akan disimpan dalam gudang terbuka sebelum akhirnya dikirim ke tujuan. bisakah mengirimkan binatang kucing melalui pelabuhan

Sebaliknya, ketika akan diangkut, barang tersebut akan dikeluarkan dari gudang penyimpanan. Selanjutnya, saat kapal pengangkut datang, kapal ini akan membawa barang sampai tujuan.

  • Pelabuhan Penumpang

Nama ini sudah tidak asing lagi bukan? Pelabuhan penumpang sering disebut juga sebagai terminal penumpang. Hal ini karena kondisi pelabuhan tersebut memang dipenuhi oleh penumpang yang naik turun kapal mrizky

Pelabuhan ini pun dilengkapi dengan fasilitas orang yang akan bepergian, seperti ruang tunggu, toilet, keamanan, dan lain sebagainya. Untuk keluar masuknya penumpang dan barang bawaan pun disediakan jalan sendiri-sendiri.

  • Pelabuhan Militer

Pelabuhan ini disusun untuk kepentingan militer. Setiap negara tentu memiliki kekuatan militer bidang kelautan. Angkatan laut tersebut membutuhkan pelabuhan untuk operasi keamanan dalam mengawasi lalu lintas laut negaranya.

Pelabuhan militer ini memiliki peran yang sangat penting. Biasanya. pelabuhan jenis ini dibangun jauh dari rumah penduduk dan memang tidak disarankan berada di dekat pemukiman.

Sampai disini sudah jelas bukan bahwa pelabuhan adalah salah satu kawasan penting yang memiliki fungsi dan manfaat untuk memudahkan mobilitas dalam kehidupan ini.

Mengingat Indonesia adalah negara maritim, maka keberadaan pelabuhan semakin penting lagi di negara ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× CEK HARGA