Blog

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur – Kalimantan Timur (disingkat Kaltim) adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 127.346,92 km² dan populasi sebesar 3.793.152 jiwa (2020). Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibu kota provinsi ini adalah kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur

Wilayah Kalimantan Timur dahulu mayoritas adalah hutan hujan tropis. Terdapat beberapa kerajaan yang berada di Kalimantan Timur, diantaranya adalah Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Berau. Di pusat-pusat kerajaan tersebut berkembang bahasa serumpun yang memiliki benang merah dari leluhur bahasa yang sama yaitu rumpun bahasa Melayik.[5]

Wilayah Kalimantan Timur meliputi Paser, Kutai, Berau dan juga Karasikan (Buranun/pra-Kesultanan Sulu) diklaim sebagai wilayah taklukan Maharaja Suryanata, gubernur Majapahit di Negara Dipa (yang berkedudukan di Candi Agung di Amuntai) hingga tahun 1620 pada masa Kesultanan Banjar. Bahkan sebelum adanya bala bantuan dari Kesultanan Demak, Kesultanan Banjar sudah melebarkan pengaruhnya ke Paser, Kutai, dan Berau.[6] Perjanjian yang ditanda tangani antara Pieter Pietarsz (utusan VOC) dengan Aji Pangeran Sinum Panji Mendapa ing Martapura, Raja Kutai Kartanegara dalam tahun 1635 memuat antara lain bahwa perdagangan bebas hanya dibolehkan antara Kerajaan Kutai dengan orang-orang Banjar dan Belanda saja.[7] Kedatangan orang Banjar membantu memperluas pengaruh kekuasaan Kesultanan Kutai terhadap masyarakat Dayak di pedalaman.[8][9] Semenjak itulah pedagang-pedagang asal Banjar mulai mendominasi sebelum kedatangan migrasi orang Bugis pada tahun 1638-1654 dan jatuhnya Makasar ke tangan Belanda tahun 1667. Antara tahun 1620-1624, negeri-negeri di Kaltim diklaim sebagai daerah pengaruh Sultan Alauddin dari Kesultanan Makassar, sebelum adanya perjanjian Bungaya.[10] Menurut Hikayat Banjar Sultan Makassar pernah meminjam (“menyewa”) tanah untuk tempat berdagang meliputi wilayah timur dan tenggara Kalimantan kepada Sultan Mustain Billah dari Banjar sewaktu Kiai Martasura diutus ke Makassar dan mengadakan perjanjian dengan Sultan Tallo I Mangngadaccinna Daeng I Ba’le’ Sultan Mahmud Karaeng Pattingalloang,[6] yang menjadi mangkubumi dan penasihat utama bagi Sultan Muhammad Said, Raja Gowa tahun 1638-1654 dan juga mertua Sultan Hasanuddin[11][12][13] yang akan menjadikan wilayah Kalimantan Timur sebagai tempat berdagang bagi Kesultanan Makassar (Gowa-Tallo)[6] sejak itulah mulai berdatanganlah etnis asal Sulawesi Selatan. Namun berdasarkan Perjanjian Kesultanan Banjar dengan VOC pada tahun 1635, VOC membantu Banjar mengembalikan negeri-negeri di Kaltim menjadi wilayah pengaruh Kesultanan Banjar. Hal tersebut diwujudkan dalam perjanjian Bungaya, bahwa Kesultanan Makassar dilarang berdagang hingga ke timur dan utara Kalimantan. Jasa Kirim Forklift Kalimantan Timur –

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur – Sesuai traktat 1 Januari 1817, Sultan Sulaiman dari Banjar menyerahkan Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Selatan (termasuk Banjarmasin) kepada Hindia Belanda. CONTRACT MET DEN SULTAN VAN BANDJERMASIN 4 Mei 1826. / B 29 September 1826 No. 10, Sultan Adam al-Watsiq Billah dari Banjar menegaskan kembali penyerahan wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Selatan kepada pemerintahan kolonial Hindia Belanda.[14][15]

Pada tahun 1846, Belanda mulai menempatkan Asisten Residen di Samarinda untuk wilayah Borneo Timur (sekarang provinsi Kalimantan Timur dan bagian timur Kalimantan Selatan) bernama H. Von Dewall.[16] Kaltim merupakan bagian dari Hindia Belanda.[17] Kaltim 1800-1850.[18] Dalam tahun 1879, Kaltim dan Tawau merupakan Ooster Afdeeling van Borneo bagian dari Residentie Zuider en Oosterafdeeling van Borneo.[19] Dalam tahun 1900, Kaltim merupakan zelfbesturen (wilayah dependensi)[20] Dalam tahun 1902, Kaltim merupakan Afdeeling Koetei en Noord-oost Kust van Borneo.[21][22] Tahun 1942 Kaltim merupakan Afdeeling Samarinda dan Afdeeling Boeloengan en Beraoe.[23]

Provinsi Borneo dibentuk pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan gubernur pertama Pangeran Muhammad Noor. Status gubernur Borneo menjadi tidak relevan setelah Perjanjian Linggarjati.
Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memiliki 8 provinsi, yaitu: Sumatra, Borneo (Kalimantan), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil. Pada masa pergerakan kemerdekaan (1945-1949), Indonesia mengalami perubahan wilayah akibat kembalinya Belanda untuk menguasai Indonesia, dan sejumlah “negara-negara boneka” dibentuk Belanda dalam wilayah negara Indonesia. Wilayah Kalimantan Timur baru bergabung ke dalam Negara Republik Indonesia secara resmi pada 10 April 1950.

Sebelumnya, pada awal 1950 rakyat Kaltim dalam wadah koalisi Front Nasional yang dipimpin Abdoel Moeis Hassan (bukan Inche Abdoel Moies) menuntut penghapusan swapraja-swapraja alias empat Kesultanan yang ada di Kaltim serta menuntut agar Federasi Kaltim bergabung ke RI.

Kala itu, Federasi Kaltim warisan Van Mook berada dalam kedaulatan Negara Republik Indonesia Serikat (RIS), bukan RI. Pemerintahan Federasi Kaltim merupakan gabungan Kesultanan Kutai, Sambaliung, Gunung Tabur, Bulungan, plus neoswapraja Pasir.

Tuntutan Front Nasional dipenuhi pemerintah lokal dan pusat. Berturut-turut: Februari, 10 Maret, dan 16 Maret; Dewan Kaltim, Federasi Kaltim, dan Residen Kaltim meminta Pemerintah RIS mewujudkan tuntutan rakyat Kaltim. 19 Maret Pemerintah RI setuju. 24 Maret Presiden RIS juga setuju. Jasa Kirim Forklift Kalimantan Timur –

Penggabungan Kaltim ke wilayah RI dilakukan dalam upacara serah-terima dari Pemerintah RIS kepada Pemerintah RI. RIS diwakili Aji Raden Afloes (Plt. Residen Kaltim). Adapun RI diwakili Dr. Moerdjani (Gubernur Kalimantan). Bertindak sebagai saksi, Menteri Dalam Negeri Mr. Soesanto Tirtoprodjo.

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur – Jawa dan Sumatra usai Konferensi Meja Bundar (KMB) yang menggabungkan diri ke wilayah RI. Status wilayah kaltim pada awal bergabung ke RI hingga 6,5 tahun kemudian adalah keresidenan di bawah Provinsi Kalimantan yang beribu kota di Banjarmasin.

Daerah Kalimantan Timur yang terdiri dari luas wilayah daratan 127.346,92 km² dan luas pengelolaan laut 25.656 km², terletak antara 113°44′ dan 119°00′ Bujur Timur, dan antara 2°33 ‘Lintang Utara dan 2°25’ Lintang Selatan.[25] Dengan adanya perkembangan dan pemekaran wilayah, Kalimantan Timur yang merupakan provinsi terluas ketiga setelah Papua dan Kalimantan Tengah, dibagi menjadi 7 (tujuh) kabupaten, 3 (tiga) Kota, 107 kecamatan dan 1.032 desa/kelurahan.[1] Tujuh kabupaten tersebut adalah Paser dengan ibu kota Tanah Grogot, Kutai Barat dengan ibu kota Sendawar, Kutai Kartanegara dengan ibu kota Tenggarong, Kutai Timur dengan ibu kota Sangatta, Berau dengan ibu kota Tanjung Redeb, Penajam Paser Utara dengan ibu kota Penajam, dan Mahakam Ulu dengan ibu kota Long Bagun (pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat). Sedangkan tiga Kota adalah Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Kalimantan Timur merupakan salah satu pintu gerbang utama di wilayah Indonesia bagian Timur. Daerah yang juga dikenal sebagai gudang kayu dan hasil pertambangan ini mempunyai ratusan sungai yang tersebar pada hampir semua kabupaten/kota dan merupakan sarana angkutan utama di samping angkutan darat, dengan sungai yang terpanjang Sungai Mahakam.

Provinsi Kalimantan Timur terletak di paling timur Pulau Kalimantan. Tepatnya provinsi ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara di sebelah Utara, Laut Sulawesi dan Selat Makasar di sebelah Timur, Kalimantan Selatan di sebelah Selatan, dan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah serta Malaysia di sebelah Barat. Daratan Kalimantan Timur tidak terlepas dari perbukitan yang terdapat hampir di seluruh kabupaten. Jumlah danau di provinsi ini juga cukup banyak yaitu sekitar 18 buah. Sebagian besar danau-danau tersebut berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan danau yang paling luas yaitu Danau Semayang dan Melintang yang masing-masing mempunyai luas area 13.000 ha dan 11.000 ha.

Jasa Kirim Forklift – Kami dari PT. Gitewan Sarana Transindo adalah spesialis jasa pengiriman Forklift ke seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke antar Pulau yang bisa di lalui kendaraan ataupun kapal laut. Selain Forklift kami sudah terbiasa mengirimkan mobil keseluruh Indonesia dengan Jasa Kirim Mobil sudah menjadi orderan kami tiap hari.

Jasa Kirim Forklift kami telah bekerja sama dengan beberapa pabrikasi forklift, sehingga tidaj perlu ragu ragu lagi menggunakan saya kami , silakan cek customer kami di instagram dan facebook dengan tag #gitewan .

Jasa Kirim Traktor – Kami PT. Gitewan Sarana Transindo adalah melayani pengiriman traktor dengan menggunakan truk towing. dengan berat standart mobil towing kami. Traktor adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan untuk pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan menggunakan kendaraan ini, ditarik ataupun didorong, dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainnya, “unit traktor”, yang mendefinisikan kendaraan truk semi-trailer. Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur –

Kata traktor diambil dari bahasa Latin, trahere yang berarti “menarik”. Ada juga yang mengatakan traktor merupakan gabungan dari kata traction motor, yaitu motor yang menarik. Awalnya dipakai untuk mempersingkat penjelasan “suatu mesin atau kendaraan yang menarik gerbong atau bajak, untuk menggantikan istilah “mesin penarik” (traction engine).

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur –

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur  -
Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur –
jasa kirim traktor lampung
jasa kirim traktor kepulauan riau
jasa kirim traktor sumatra barat
jasa kirim traktor riau

Di Inggris, Irlandia, Australia, India, Spanyol, Argentina, dan Jerman, kata “traktor” umumnya berarti “traktor pertanian”, dan penggunaan kata traktor yang merujuk pada jenis kendaraan lain sangat jarang. Di Kanada dan Amerika Serikat, kata “traktor” juga berarti truk semi-trailer.

Instrumen pertanian bermesin pertama adalah mesin portabel pada tahun 1800-an, yaitu mesin uap yang bisa digunakan untuk mengendalikan instrumen mekanis pertanian. Sekitar tahun 1850, mesin penarik dikembangkan dari mesin tersebut, dan digunakan secara luas di pertanian. Traktor pertama adalah mesin bajak bermesin uap.

Traktor bisa diklasifikasikan sebagai two wheel drive, four wheel drive, atau track tractor. Traktor, kecuali track tractor umumnya memiliki 4 roda dengan dua roda yang lebih besar di belakang atau keempat roda sama besar. Track tractor memiliki penggerak seperti tank yang membuatnya mampu bergerak di berbagai medan. Karena traksinya yang sangat hebat, track tractor menjadi populer di California pada tahun 1930-an.

Traktor pada awalnya menggunakan mesin uap. Pada awal abad ke 20, mesin pembakaran dalam menjadi pilihan utama sumber tenaga traktor. Antara tahun 1900 hingga 1960, bensin menjadi bahan bakar utama, dan minyak tanah dan etanol sebagai alternatif bahan bakar. Dieselisasi mencapai puncaknya pada tahun 1960, dan traktor pertanian modern umumnya menggunakan mesin diesel yang memiliki output power antara 18 hingga 575 tenaga kuda (15-480 kW).

Kebanyakan traktor tua memakai transmisi manual. Traktor jenis ini memiliki beberapa rasio kecepatan, umumnya 3 hingga 6. Kecepatan rendah umumnya dipakai di lahan pertanian sedangkan kecepatan tinggi umumnya dipakai di jalan.

Tenaga yang diproduksi oleh mesin harus ditransmisikan ke peralatan yang diimplementasikan ke traktor untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan (menanam, memanen, membajak, dan sebagainya). Hal ini bisa dicapai dengan drawbar atau sistem sambungan. Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur –

Macam-Macam Traktor

Jenis Traktor Berdasarkan Bentuknya

Pembagian jenis traktor yang akan kami bahas selanjutnya adalah traktor yang dibagi dengan berdasarkan bentuknya. Informasi selengkapnya bisa simak penjelasan di bawah ini.

  1. Traktor Tangan
Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur  -
Traktor Tangan

Jenis traktor pertama jika ditinjau dari bentuk dan juga pabrik pembuatannya adalah traktor tangan. Traktor tangan atau hand tractor merupakan traktor yang mempunyai daya yang kecil yaitu kurang dari 12 HP. Selain itu, traktor ini dilengkapi dengan satu axe atau poros roda berjumlah dua. Cara mengoperasikan hand tracktor adalah operator akan berdiri di belakang traktor tersebut. Jenis traktor inilah yang banyak digunakan di Indonesia untuk keperluan membajak sawah. Bagaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

  1. Traktor Beroda Tunggal
Jasa Kirim Traktor
Traktor Beroda Tunggal

Jenis traktor yang kedua adalah traktor yang memiliki roda tunggal. Artinya, daya mesin hanya akan disalurkan pada satu roda sehingga memerlukan adanya titik tumpu yang digunakan sebagai poros keseimbangan. Salah satu contohnya adalah dengan menambahkan alat tambahan atau yang juga dinamakan gandengan. Pengemudi atau operator dari traktor beroda tunggal harus mampu mengatasi berbagai gaya bebas baik yang berasal dari traktor itu sendiri maupun yang berasal dari alat tambahannya. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

  1. Mini Traktor
Mini Traktor
Mini Traktor

Apa itu mini traktor? Mini traktor merupakan jenis traktor yang dilengkapi dengan dua buah poros dan empat roda. Sesuai dengan namanya, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu panjangnya berkisar antara 1790 – 2070 mm, lebarnya 995 – 1020 mm. Traktor ini pun juga mempunyai berat yang relatif ringan yaitu 385 – 535 kg dan menggunakan mesin dua silinder atau lebih. Kemudian untuk tenaga yang dihasilkan kurang lebih 13 – 40 HP dengan 6 percepatan maju dan 2 percepatan mundur. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

  1. Traktor Besar
Traktor Besar
Traktor Besar

Traktor besar dilengkapi dengan dua poros roda berjumlah 4 atau lebih. Untuk spesifikasinya, panjang traktor ini 2650 – 3910 mm, lebarnya 1740 – 2010 mm dan daya yang dihasilkan kurang lebih 45 HP. Berkaitan dengan harganya, traktor ini memiliki harga yang sangat mahal sehingga jarang orang memilikinya. Selain itu, traktor ini juga diklaim memiliki kemampuan yang tidak begitu efektif dikarenakan petakan sawah yang bentuknya relatif kecil.

Namun kamu bisa menemukan traktor besar di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan yang memang areanya cukup luas. Belum lagi modal dari perusahaan tersebut juga besar sehingga membeli traktor besar merupakan keputusan yang tepat dibandingkan harus membeli mini traktor untuk menjangkau area yang luas. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Jenis-jenis Traktor Berdasarkan Kegunaannya

General Purpose Tractor

General Purpose Tractor
General Purpose Tractor


Sesuai dengan namanya “general” yang memiliki arti umum. Sehingga traktor ini didesain untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat umum, memiliki poros roda yang kedudukannya relatif rendah. Dengan kata lain traktor ini memiliki fungsi yang bermacam-macam. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Special Purpose Tractor

Special Purpose Tractor
Special Purpose Tractor


Traktor dengan kegunaan secara lebih khusus. Misal traktor pengolah tanah, traktor khusus pertanian, traktor penyiram tanaman dll. Traktor jenis ini memiliki ground clearance (jarak ke tanah) lebih tinggi. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Industrial Tractor

Industrial Tractor
Industrial Tractor


Traktor industri digunakan untuk keperluan industri, ada juga yang khusus dalam kegiatan pembangunan. Karakteristiknya antara lain, memiliki kemampuan daya tari yang besar karena traktor ini memiliki roda depan dan belakang yang sama/hampir sama dan ganda. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Plantation Tractor

Jasa Kirim Traktor
Plantation Tractor


Plantation Tractor adalah traktor yang digunakan pada lahan yang banyak tanamannya, dengan traktor ini akan lebih aman dan mudah digunakan pada medan yang banyak tanamannya. Dapat juga digunakan pada lahan yang memiliki sudut kemiringan tinggi, karena kontruksi pusat titik beratnya rendah. Traktor ini biasanya memiliki pelindung atap. Dari tenaga yang dapat dihasilkan juga cukup besar. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Garden tractor

Garden tractor
Garden tractor

Jenis traktor yang selanjutnya adalah garden tractor (traktor kebun) yang berguna untuk pekerjaan-pekerjaan ringan, misal untuk pemotong rumput, pertanian kecil. Karena itu traktor ini memiliki daya yang kecil. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

LINK TERKAIT JASA KIRIM MOBIL

Baca Juga

Terima kasih banyak sudah menyempatkan baca artikel ini. Jika ada pertanyaan lain silakan langsung saja di chat lewat WhatsApp, Telegram dan yang lainnya. Semoga kita selalu di berikan kesehatan di zaman pendemi Covid 19 . Aamiin.. Salam dari kami PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO

Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur  -
Jasa Kirim Traktor Kalimantan Timur –



Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.